Wednesday, December 10, 2008

Keluhan Nasabah Prudential

Keluhan Nasabah Prudential
Setelah membaca cerita di blog seorang nasabah Prudential (Maya) saya jadi tergelitik untuk ikut membahas masalah yang menimpanya. Bukan berarti saya usil atau bagaimana, namun seringkali tulisan seperti ini berkembang menjadi yurisprudensi atau preseden sepihak karena hanya di baca sekilas.
**Pada site nya Maya menulis:
Yang bikin gw, bete emang si prudential ga bisa ngecek ke bank-nya dan liat nomer polis gw berapa dan udah bayar apa beluuumm.. berkali2 gw bilang, “emang ga bisa dicek apa ke banknya kalo saya dah bayar apa belum.. kan itu rekeningnya prudential.. kalo saya yang minta liatin ya ga bisa atuh.” And they say it can’t be done.. pokoknya gw harus fax ulang TITIK!.
Dan akhirnya dengan bermuka tebal dan berkuping tebal, temen gw yang baik hati ini meminta bukti pembayaran gw ke bank tempat kita membayar dan mem-fax ulang. Tentu saja dengan ocehan mara2 dari si mbak2 petugas bank
Yang harus dicermati disini adalah bahwa tidak selalu penerima transfer itu dapat mencek secara real time kondisi rekening mereka. Dan dalam hal ini tidak ada kewajiban Prudential untuk melakukan hal itu. Karena memang standar prosedur yang seharusnya di jelaskan oleh agent (lagi lagi agent) adalah dengan mem-fax bukti transfer untuk mempercepat proses.
Satu catatan penting, meminta salinan ulang bukti transfer baik itu transfer elektronik melalui ATM atau pun Teller tidak akan di cemberuti atau di marahi oleh petugas bank. Itu adalah hak nasabah. Bank harus dapat mengeluarkan hal itu kapanpun diminta.


**Dah lewat hampir sebulan nih gw belum dapet polis gw.. dan tagihan prudential bulan berikutnya dah sampe di rumah gw… Dan pas gw tanya temen gw, dia udah dapet dong polisnya.. sementara dia ngurus itu baru 2 minggu yang lalu.. gw sms dong agen gw.. nanya-in polis gw.. ga dijawab.. sampe akhirnya gw harus nelpun dia. Dan dia berkata “oh ada masalah disininya (dimananya gitu gw juga ga jelas), maaf ya maya”.. Gw cuma bisa ngedumel dalem ati ‘Kog bermasalah terus ya? ga bisa apa lancar2 aja??’
Tentu saja pengiriman polis tertunda, karena pengajuan nya yang harus di sertakan dengan bukti transfer juga tertunda. Toh untuk masalah seperti ini memang disediakan masa tenggang selama 45 hari untuk melakukan pembayaran berikutnya.
Yang saya sayangkan disini adalah kesan dari tulisan ini yang membuat ini adalah Yurisprudensi, Preseden, Atau bukti bahwa Prudential itu buruk. Banyak sekali saya menemukan tulisan tulisan seperti ini. Kesalahan administrasi ringan yang biasa terjadi di mana saja (Bahkan untuk ukuran Prudential dengan 500 ribu lebih nasabah sangat kecil persentasinya) baik di bank, kartu kredit, leasing atau di manapun.
**Dan sodara2, gw dapet bukti pembayaran gw dong.. dikirim dari prudential tertera tanggal SEMBILAN.. mereka bisa ya ngirimin gw bukti pembayaran, tapi mereka ga bisa ngecek gw udah bayar apa belum.. Atau bukti pembayaran itu juga dari hasil fax-an gw?? kalo gitu sistemnya ancur banget dong!
Mungkin saja bukti pembayaran itu memang dari hasil fax saudara Maya. Tapi lagi lagi ini juga tidak membuktikan bahwa sistem tersebut tidak layak. Tidak ada masalah dengan sistem seperti ini. Toh nantinya setiap pembayaran akan teraudit. Bila nasabah ternyata tidak pernah transfer, toh tidak ada kerugian yang timbul pada pihak manapun, tinggal meng cancel polis saja.
Tapi dengan begini Prudential memberikan praduga yang baik kepada calon nasabahnya. Kepercayaan itu yang penting.

4 comments:

IsMiseTIAti said...

emang prudential gak autodebet yah?
kalo saya di asuransi lain, di commlife, di autodebet, kalo misalkan gagal, dari commlife secara otomatis ngash pemberitahuan ke agen yg bersangkutan untuk mengurusi pembayaran premi yang belum masuk,, tentu saja masih dalam periode pembayaran premi,

Dearest Girlfriend said...

Sistem asuransi yg pake agen (keagenan) memang banyak menimbulkan masalah. Karena agen bukanlah karyawan asuransi, tetapi dia mendapatkan fee dari premi nasabah (30% kalo tidak salah). Jadi sekarang tinggal kejelian nasabah untuk memilih agen. Kalo saya analisa karena ada 30% untuk agen berarti uang kita yg masuk asuransi hanya 70%, dan bisa dibayangkan sehat/tidak system spt ini. Lebih baik masuk asuransi milik pemerintah yg tidak melibatkan keagenan atau kita bisa langsung mengurus polis dan klaim dari petugas/karyawan asuransi di kantornya. Ada contoh baik dari asuransi milik pemerintah misal Jamsostek, Jiwasraya dll. Silahkan pilih yg pasti tidak ada keluhan spt diatas. jangan tergiur oleh janji muluk, pelajari dan baca polis. Kebanyakan agen hanya memberi ilustrasi saja.

financial consultan prudential said...

perasaan ngak gitu amat deh...aku nasabah prudential beserta agen...setahu saya agen adalah karyawan resmi dari prudential krna data semua agen sudah masuk ke perusahaan prudential...semua trasfer bisa di cek...tp semua harus ada konfirmasinya...bahwa anda sudah trasfer uang ke rekening prudential..jadi tolong dong jangan terlalu lebay deh..apakah kalian bisa tunjukan bukti ontentiknya baru berkata..dan satu saran saya anda harus memilih benar2 agen yg bener membantu anda...dri anda masuk jadi nasabah sampai anda mengunakan klaim anda...semoga semua saran saya dapat di terima terima kasih

Unknown said...



Hi Guys.. saya ikut komen ya..
Tips dari saya sebelum membeli asuransi

Memang sebenarnya kesalahan sendiri bukan dari Perusahaan Asuransi nya.,karena setiap perusahaan aasuransi tidak mungkin menipu nasabah , karena mereka sendiri sudah ada peraturan yang berlaku dari pemerintah. Kesahalahan bisa terjadi dari agent dan nasabah sendiri.

1.agent tidak mengisi data dengan jujur dan atau tidak menginformasikan data nasabah dengan jujur , lengkap dan benar.

2.agent tidak menjelaskan produk yang benar dan jelas kepada nasabah.

3.agent tidak ada upaya membantu claim nasabah, maupun membantu mengurus data2 yang di perlukan



itu kalau dari pihak agent, tapi tidak menutup kemungkinan kalau nasabah sendiri tidak melakukan kesalahan..

seperti awal dari membeli polish , mereka tidak mencari informasi dengan lengkap dan jelas. adapula yang menutupi segala jenis penyakit yang dideritanya.dengan berharap akan mendapat uang claim setelah mereka membeli polish.



MAKA AKAN BAIKNYA SEBELUM MEMBELI POLISH. NASABAH HARUS MENGETAUI DULU APA KEPERLUAN DAN KEPENTINGAN DARI KEBUTUHAN MREKA, MENCARI INFORMASI SELENGKAP2NYA DAN BERTANYA YANG JELAS KEPADA AGENT MAUPUN KERABAT SAUDARA YANG SUDAH MEMPUNYAI POLISH. DAN DI HARAPKAN SALING JUJUR DALAM MENGISI DATA PRIBADI NASABAH. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat dan tidak ada yang di rugikan di kemudian hari. Terima Kasih.





Agent Prudential

Hermanto Chan

BB : 2921DCCC

HP : 081287972023

YM: hermanto_office@yahoo.com

FB : hermanto.candra.1@facebook.com